4 Tips Sukses Budidaya Ikan Gurame Agar Cepat Tumbuh Besar

Desausaha.com – Ikan gurame memang sangat populer di Indonesia, khususnya sebagai menu masakan seperti gurame bakar, gurame asam manis, gurame goreng dan lain sebagainya. Bahkan, ikan gurame adalah ikan air tawar yang paling disukai se-Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Ikan yang berbentuk lebar dan pipih ini lebih banyak dijadikan sebagai ikan konsumsi, meskipun di beberapa negara juga dijadikan sebagai ikan hias. Ikan gurame memiliki daging yang padat dengan rasa yang enak dan gurih, maka sangat wajar jika jenis ikan ini sangat digemari oleh masyarakat.

Budidaya Ikan Gurame

Apalagi durinya juga cukup besar sehingga memudahkan kita untuk memisahkan dengan dagingnya. Hampir di semua restoran yang menjual ikan bakar pasti ada menu ikan gurame. Namun tidak hanya di restoran saja, beberapa warung pinggir jalan juga ada yang menyediakan menu ikan gurame, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan kepopulerannya, wajar jika ikan gurame banyak dibudidayakan oleh para peternak ikan. Apalagi dengan semakin tingginya permintaan terhadap ikan gurame. Maka bisa dipastikan jumlah peternak ikan gurame akan semakin banyak. Apalagi cara budidaya ikan gurame terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Pada dasarnya, ada tiga tahap utama dalam budidaya ikan gurame. Yaitu tahap pembibitan, tahap pendederan, dan tahap pembesaran.

  • Pembibitan adalah usaha untuk menghasilkan telur ikan gurame dengan cara menyiapkan kedua induknya. Jadi fokus utama dalam pembibitan adalah memijahkan induk jantan dan induk betina.
  • Pendederan adalah menetaskan dari telur dan merawatnya sampai mencapai ukuran tertentu.
  • Pembesaran, yaitu membesarkan ikan gurame hasil pendederan sampai ikan gurame siap dijual dan berukuran cukup untuk dikonsumsi.

Berikut ada beberapa tips yang mungkin belum diketahui oleh para pemula, berkaitan dengan bagaimana caranya agar ikan gurame bisa cepat tumbuh besar. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut :

1. Lokasi kolam

Sebagaimana usaha ternak lainnya, tentunya anda membutuhkan lokasi yang strategis untuk memulai usaha, begitu halnya dengan budidaya ikan gurame ini. Anda harus menyiapkan kolam sesuai dengan beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Lokasi pembuatan kolam yang tepat akan membuat ikan gurame bisa tumbuh dengan lebih cepat dan membantu proses usaha anda.

Lokasi yang baik untuk kolam ikan gurame adalah yang mendapatkan cahaya matahari secara langsung dalam jumlah yang cukup. Suhu yang tepat untuk membantu pertumbuhan ikan gurame adalah dalam kisaran 25-28 derajat celsius. Suhu sekian tentunya terdapat pada daerah dataran rendah, sehingga lokasi budidaya ikan gurame lebih tepat dilakukan di dataran rendah daripada di dataran tinggi. Setidaknya ketinggian lokasi budidaya ikan gurame adalah masih di bawah 800 meter dari permukaan laut.

2. Benih yang berkualitas

Untuk menghasilkan ikan gurame yang baik dan cepat tumbuh besar tentunya membutuhkan bibit atau benih yang berkualitas juga. Benih yang baik adalah yang masih sehat dan beratnya mencapai 100 gram, biasanya benih tersebut telah mencapai umur lebih dari setahun.

Sedangkan ikan gurame yang siap jual adalah yang berukuran layak konsumsi, yaitu yang memiliki berat sekitar 500 gram. Benih yang baik tentunya bisa mencapai ukuran layak konsumsi dengan lebih cepat.

Selain itu, sebaiknya bibit atau benih yang anda dapatkan tersebut berasal dari tempat lain yang tidak begitu jauh dari tempat budidaya anda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses adaptasi ikan gurame terhadap lingkungannya yang baru. Jika lokasinya cukup berdekatan tentunya ikan gurame tidak begitu kesulitan untuk beradaptasi.

3. Pemberian pakan yang berkualitas

Selain benih, pakan juga termasuk faktor penting dalam budidaya apapun. Pemberian pakan yang baik dan teratur pasti bisa meningkatkan proses pertumbuhan dari hewan ternak anda, dalam hal ini adalah ikan gurame.

Ikan gurame memerlukan nutrisi yang berasal dari protein hewani dan nabati, oleh karena itu sebaiknya pakan yang diberikan harus mengandung kedua protein tersebut. Atau lebih mudahnya, anda tinggal mencampur saja bahan makanan yang mengandung protein hewani dengan yang mengandung protein nabati.

Protein hewani inilah yang berimbas besar dalam peningkatan pertumbuhan ikan gurame, maka sebaiknya takaran untuk protein hewani lebih besar dibandingkan takaran protein nabati. Bahan makanan yang mengandung protein nabati misalnya adalah daun singkong, daun kangkung, dan selada air.

4. Pengeringan kolam

Tips terakhir yang tidak boleh dilewatkan adalah pengeringan kolam. Hal ini dilakukan untuk melindungi ikan gurame dari penyakit seperti jamur. Pengeringan kolam dilakukan sebelum menebarkan bibit atau benih ikan gurame. Pengeringan dilakukan dalam rentang waktu 10-14 hari, setiap meter persegi diberikan kapur pertanian sebanyak 100-200 gram.

Tidak hanya kolamnya saja, peralatan untuk budidaya juga perlu dikeringkan, setelah sebelumnya direndam dalam larutan kaporit terlebih dahulu. Periksalah jika ada ikan gurame yang telah terserang jamur, pisahkan dari kelompoknya. Ikan gurame yang terserang jamur bisa disembuhkan dengan merendamnya dalam larutan garam selama satu jam.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan ikan gurame anda. Silahkan mencoba dan semoga sukses.

Artikel ini membahas:

  • apakah benar air diterpal budidaya nila harus diganti
  • budidaya ikan gurame
  • ikan gurame apa bisa tumbuh besar
  • mempercepat pertumbuhan ikan gurame
  • mempercepat tumbuh gurame
  • penetasan telur gurameh diterpak
  • tips sukses budidaya ikan gurame
  • ukuran gurame layak konsumsi

Leave a Reply