5 Langkah Mudah Budidaya Udang Galah Yang Menghasilkan

Budidaya Udang Galah – Udang air tawar atau udang galah memiliki potensi yang cukup besar sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang sangat luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari permintaan udang galah yang terjadi baik dalam negeri maupun dari luar negeri yang semakin meningkat.

Udang galah atau udang air tawar yaitu salah satu komoditas air tawar yang sangat bagus masa depannya karena dapat dilihat dari harga jual lebih jauh tinggi dibandingkan ikan air tawar lainnya yang dipasarkan kebutuhan dalam dan luar negeri, hal ini bisa dilihat dari bukti dengan permintaan ekspor diberbagai negara misalnya Jepang dan beberapa negara seperti di Eropa.

Budidaya udang galah bisa dilakukan di kolam ataupun tambak darat. Saat ini kegiatan pembesaran udang galah sudah meluas keberbagai daerah, meliputi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Untuk mendukung keberhasilan usaha dalam membudidayakan udang air tawar atau udang galah maka sangat perlukan teknologi yang sesuai dengan keperluan dan skala usaha yang dimiliki oleh pembudidaya.

Langkah-langkah dalam membudidayakan udang galah atau udang air tawar yaitu sebagai berikut :

Budidaya Udang Galah

1. Lokasi Budidaya

Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya udang galah untuk memilih lokasi harus memiliki persyaratan yaitu antara lain:

  • Kawasan yang jauh dari banjir, pencemaran, jenis tanah liat berpasir
  • Ukuran kolam pada ketinggian 0-700 meter.
  • Selalu tersedia Air sepanjang tahun, bebas polusi, sirkulasi air bagus, bebas pencemaran.
  • Debit air yang sangat dianjurkan 0,5-1 liter per detik untuk luasan kolam 300-1.000 m2.
  • Memiliki kandungan mineral yang cukup serta mengandung gas CO2 yang standar (yakni tidak lebih dari 2 ppm).
2. Bahan dan Alat

Budidaya di kolam sama seperti kolam pada umumnya misalnya alat pengangkut benih, ember, seser, cangkul, serok, timbangan, ayakan halus dari kain.

3. Pengelolaan Air

Perputaran air yang sangat baik mempunyai peran yang sangat penting dalam melaksanakan pembesaran udang galah atau udang air tawar. Tetapi sebaiknya air dikolam harus mengalir. Namun untuk kolam yang tak mempunyai kualitas air mengalir cenderung menurun dalam waktu satu bulan masa pembudidayaan atau ternak. Kejadian seperti itu dapat diatasi dengan melakukan pergantian air sebanyak 30-50% dengan air yang baru.

4. Pencegahan Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit harus dilakukan pemeriksaan yang dilakukan secara visual terhadap organisme yang bersifat kompetitor maupun predator Hama yang sering mengganggu dikolam ternak atau pemeliharaan yaitu ikan-ikan liar yang masuk tanpa sengaja misalnya ikan gabus dan ikan lele. Dalam mencegah munculnya hama pemangsa maka perlu membuat saringan pada pintu masuk dan pintu keluar air kolam berupa hapa yang terbuat dari jaring dengan mesh size 0,2 mm.

Langkah-langkah pemeriksaan kesehatan yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Pengambilan sampel untuk pengujian kesehatan udang air tawar atau udang galah  yang dilakukan secara acak dengan jumlah udang sesuai dengan kebutuhan untuk pengamatan visual maupun mikroskopik.
  • Pengamatan visual dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui bahwa ada gejala penyakit dan kesempurnaan morfologi udang air tawar atau udang galah.
  • Pengamatan mikroskopik dilakukan untuk pemeriksaan jasad pathogen (parasit, jamur, virus dan bakteri) di laboratorium.

Penyakit yang paling sering menyerang yaitu udang yang berlumut hal itu disebabkan karena kedalaman air di kolam kurang memadai dan sirkulasi yang kurang baik namun hal yang seperti itu gampang diatasi dengan menggunakan sirkulasi air yang dipasang kincir angin.

5. Masa Panen Udang Galah

Udang air tawar atau udang galah bisa dipanen dalam jangka waktu 4 bulan, 6 bulan, atau bahkan bisa lebih, hal itu sesuai dengan ukuran udang yang dibutuhkan oleh konsumen. Biasanya udang air tawar atau udang galah bisa dijual setelah mencapai ukuran 20 – 25 gram/ekor, semakin besar ukuran udang harganya juga semakin mahal.

Demikian beberapa teknis praktis budidaya atau ternak udang air tawar atau udang galah semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi para pembaca.

Artikel ini membahas:

  • jangka masa pembesaran udang galah
  • udang galah dalam keresek
  • udanggalah ukuran yg tidak biasa

Leave a Reply