7 Cara Mudah Agar Burung Lovebird Cepat Bertelur

Desausaha.com – Burung lovebird memang sangat populer di kalangan pecinta burung. Bentuk dan warna yang indah menjadi salah satu daya tarik utama dari burung ini. Meski harganya terbilang mahal, namun bukan persoalan bagi para pecinta burung di seantero negeri, buktinya burung lovebird masih tetap laku keras di pasaran. Maka bukan hal yang aneh jika mulai banyak peternak yang melirik usaha budidaya burung ini.

Cara Mudah Agar Burung Lovebird Cepat Bertelur

Sebuah masalah yang cukup sering dihadapi oleh para peternak burung adalah mengenai produktifitas. Hal yang sama juga berlaku bagi pembudidaya burung lovebird. Semasa penangkaran burung ini ternyata cukup sulit untuk meningkatkan produksi telurnya, padahal saat di alam liar burung ini sangat mudah untuk bertelur, perbedaan produktifitas telur yang dihasilkan ternyata cukup signifikan, itulah mengapa banyak peternak yang merasa bingung dengan kondisi tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Burung Lovebird yang Baik

Burung lovebird betina sebenarnya tergolong mudah bertelur, bahkan tanpa memerlukan bantuan dari pejantan. Tetapi telur yang dihasilkan tanpa pejantan akan kosong karena tidak ada pembuahan. Telur itu tidak memiliki bakal calon embrio sehingga tak bisa ditetaskan.

Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi produksi telur dari lovebird betina, mulai dari perjodohan yang sulit, tidak mau bertelur, bahkan induknya malah membuang telurnya. Selain itu bisa juga diakibatkan kekurang tahuan dari peternak lovebird sendiri, karena burung ini tergolong jenis monomorfik seksual sehingga sulit membedakan antara jantan dan betinanya. Bisa jadi yang dikawinkan malah sama-sama betina, atau lebih parahnya lagi malah sesama pejantan. Masalah umur juga bisa berpengaruh, jika induk betina belum cukup umur maka sudah pasti akan sulit untuk bertelur.

Berita baiknya adalah ternyata ada beberapa tips yang bisa dilakukan, khususnya bagi para peternak pemula untuk membuat burung lovebird lebih cepat bertelur. Berikut adalah beberapa diantaranya :

1# Memanfaatkan Pasangan Lovebird Lain

Burung Lovebird Cepat Bertelur

Maksud dari memanfaatkan adalah menjadikan pasangan lovebird lain sebagai pancingan atau sebagai pemicu. Caranya dengan membuat setidaknya dua kandang dalam satu ruangan, kandang satunya diisi pasangan lovebird lain yang tentunya lebih bagus produktifitasnya. Saat induk betina lain itu bertelur, suaranya akan memancing induk betina yang belum bertelur untuk mengikuti jejaknya, sehingga akan ikut kawin dan bertelur juga.

2# Memakai Lampu Full Spektrum

Setiap lovebird betina yang hendak bertelur memerlukan suhu ruangan yang hangat dan nyaman. Di alam liar, mereka mendapatkan secara langsung dari sinar matahari. Sebagai gantinya, gunakan lampu full spektrum yang bersuhu 5500 Kelvin dan memiliki warna cahaya yang serupa dengan sinar matahari.

Saat malam hari, matikan lampu itu agar sama dengan kondisi malam hari di alam liar. Selain membantu lovebird untuk bertelur, cahaya lampu tersebut ternyata bagus bagi kesehatan burung.

3. Mengganti Pakannya

Pakan yang diberikan ternyata bisa mempengaruhi produktifitas telur. Jika induk lovebird betina sulit bertelur, bisa jadi karena pakan yang tidak cocok. Oleh karena itu pakan yang diberikan harus bervariasi dan dapat meningkatkan hormon lovebird betina.

Beberapa pakan yang disarankan adalah tauge, biji kuaci, kangkung dan tulang sotong. Kalsium dari tulang sotong sangat membantu proses pembungkusan sel telur induk betina, begitu juga dari pakan lainnya, mereka memiliki manfaat masing-masing dalam membantu produksi telur.

4. Mengganti Minumnya

Selain mengganti pakannya, minumnya juga harus diganti secara teratur. Bersihkan juga tempat minumnya dengan sikat, kemudian dibilas menggunakan air yang bersih. Setelah itu barulah diganti airnya dengan yang baru, gunakan air yang bersih dan tidak berbau besi. Untuk lebih mudahnya bisa menggunakan air galon yang terpercaya.

5. Memasang Kotak Sarang

Dalam proses bertelur, tempat induk betina bersarang tentunya juga berpengaruh. Maka harus dipersiapkan dengan baik untuk kotak sarang atau gelodok yang akan dipakai lovebird betina bertelur sekaligus mengeraminya.

Perhatikan dengan baik mengenai ukuran dan peletakannya. Tidak perlu terlalu besar, juga jangan kekecilan, sesuaikan saja dengan ukuran dari burungnya. Bagian dalamnya juga tidak perlu terlalu luas, namun jangan kesempitan juga, atur agar lovebird merasa nyaman di sana.

6. Memberikan Suplemen

Pemberian suplemen sebenarnya tergolong opsional, bisa dilakukan atau tidak. Namun jika dilakukan tentu saja dapat menambah kualitas dari lovebird jantan dan betina, meningkatkan birahinya sekaligus meningkatkan kemungkinan penetasan telur dan kualitas telurnya, bahkan juga meningkatkan kesehatan anakan yang baru menetas. Untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan dengan dokter hewan mengenai suplemen apa yang sebaiknya dipakai.

7. Menjaga dari Gangguan Hewan Lain

Tips terakhir berkaitan dengan perlindungan dari indukan lovebird. Berbagai macam binatang seperti tikus, tokek, cicak, kecoak, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu kenyamanan dari indukan lovebird. Oleh karena itu peternak harus memastikan area sekitar kandang terbebas dari gangguan berbagai binatang tersebut sehingga indukan lovebird bisa merasa aman dan nyaman.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat burung lovebird bisa lebih mudah bertelur. Intinya adalah bagaimana Anda bisa menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi mereka, dengan demikian lovebird dapat bertelur dengan lebih mudah. Selamat Mencoba !

Artikel ini membahas:

  • cara ternak lovebird agar cepat bertelur
  • cara lovebird cepat bertelur
  • macam sarang aneh bertelur burung labet
  • mindah burung lb bertelur

Leave a Reply