Inidia Cara Agar Bebek Cepat Bertelur dan Berkembang Besar

Cara Agar Bebek Cepat Bertelur – Pada artikel sebelumnya telah dibahas panduan ternak bebek yang merupakan salah satu usaha yang sangat menjanjikan. Mengingat daging bebek dan telur bebek memiliki banyak sekali peminat, baik dari kalangan individu maupun dari industri besar. Maka sangat wajar jika sekarang semakin banyak peternak bebek yang bersaing di pasaran.

Cara Agar Bebek Cepat Bertelur

Setiap peternak dituntut untuk kreatif dan mampu menghasilkan daging dan telur bebek dengan kualitas yang baik. Bukan hanya kualitas, bahkan peternak memikirkan bagaimana caranya membuat bebek bisa bertelur dengan cepat serta menghasilkan telur yang banyak.

Bagi para peternak yang sudah berpengalaman, tentunya mereka telah mempunyai teknik dan cara tersendiri. Tetapi bagi para pemula pasti agak kesulitan untuk mengetahui caranya. Oleh karena itu kita akan memberikan beberapa tips yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan produktifitas dari hewan ternaknya.

Cara Agar Bebek Cepat Bertelur

Sebuah penelitian dari salah satu dosen Fakultas Kedokteran Hewan menyatakan bahwa cahaya lampu neon dapat mempercepat pertumbuhan dan masa bertelur dari bebek dan itik. Pemberian cahaya lampu neon dilakukan setiap malam selama kurang lebih 3 jam. Dengan cara ini bebek dan itik bisa mulai bertelur sejak umur 4 bulan, sedangkan bebek yang tidak diberi cahaya neon biasanya baru bertelur pada umur 8 bulan.

Selain itu, cara ini juga memicu pertumbuhan fisik dari anakan bebek. Jika biasanya setelah berumur dua bulan hanya mencapai berat rata-rata 420 gram, dengan cara ini bisa meningkatkan berat rata-ratanya hingga seberat 600 gram. Sungguh perbedaan yang cukup drastis dan sangat berpengaruh terhadap usaha ternak yang dilakukan.

Berdasarkan penelitian dari dosen yang bernama Dr. Tatang Santanu Adikara itu, cahaya neon ternyata mempengaruhi manajemen hormon dari bebek atau itik. Cahaya yang diterima akan merangsang retina mata dan diteruskan ke otak melalui sarafnya. Salah satu bagian otak, yaitu kelenjar pinealis menerima rangsangan itu dan mengurangi produksi hormonnya. Hormon yang diproduksi adalah melatonin, fungsinya untuk membatasi produksi hormon dari kelenjar hipofise.

Nah, pertumbuhan dari individu diatur di kelenjar ini. Intinya adalah, cahaya dari neon bisa mengurangi faktor penghambat pertumbuhan dari bebek dan itik. Namun, retina bebek dan itik hanya menerima cahaya putih dari neon saja, tidak berlaku untuk jenis lampu lainnya.

Tentu saja tips ini bukan hanya pemberian cahaya neon saja. Masih ada beberapa hal lagi yang perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan dari bebek dan itik. Bagaimanapun juga, kesehatan adalah hal yang terpenting dari setiap individu, khususnya untuk hewan ternak. Percuma saja Anda mempunyai bebek dan itik yang produktif tetapi tidak sehat. Oleh karena itu beberapa hal berikut juga penting untuk dilakukan.

1. Menjaga Kebersihan

Yang pertama adalah masalah sanitasi. Mulai dari kebersihan kandang, peralatan, pakan, dan pengelolanya. Dengan menjaga kebersihan tentu bisa menghindarkan hewan ternak dari berbagai penyakit. Untuk masalah kandang, yang terpenting adalah menjaga agar kandang tidak lembab dan bau.

Berikan jerami sebagai alasnya untuk mengurangi kelembaban, serta bisa mencegah pecahnya telur. Peletakan makanan dan minuman juga harus diperhatikan. Serta mengatur agar cahaya matahari bisa masuk ke dalam kandang.

2. Ruang Gerak yang Cukup

Sama halnya dengan manusia yang ingin merasa bebas melakukan apa saja dan tidak mau dibatasi, begitu juga dengan bebek atau itik. Mereka juga membutuhkan ruang untuk bergerak dan tidak berdesakan dengan yang lain, hal ini tentu sulit terwujud jika kandangnya sempit atau tidak sesuai dengan jumlah hewan ternak yang ada. Oleh karena itu perlu diperhatikan bagaimana caranya agar bebek dan itik yang ada di dalam kandang bisa tetap leluasa bergerak.

3. Pemberian Pakan

Hal terakhir yang juga penting adalah perihal pemberian pakan. Beberapa penyakit didapatkan bebek dan itik dari makanan yang dikonsumsinya, entah itu beracun atau sudah berjamur. Maka perlu dipastikan bahwa pakan yang diberikan selalu dalam kondisi bersih dan higienis.

Pemberian pakan juga harus diberikan secara teratur, karena berpotensi membuat bebek atau itik menjadi kanibal. Bebek dan itik bisa menjadi kanibal jika mendapatkan pola makan yang tidak teratur, selain itu juga disebabkan kurangnya nutrisi yang diserap.

Masalah kandang juga bisa membuat mereka menjadi kanibal, misalnya kandang yang terlalu sempit, udaranya panas, dan tanahnya lembab. Bisa juga karena kedatangan bebek atau itik baru.

Berkaitan dengan pola makan, ternyata ada cara tradisional untuk menjaga kondisi kesehatan bebek dan itik. Caranya adalah dengan memberikan campuran ke pakan dan air minum dari hewan ternak.

Rebusan gula dan asam bisa dicampurkan dalam air minum untuk membantu menjaga kesehatan hewan ternak, sedangkan rebusan daun johar atau daun pepaya bisa digunakan untuk menghindarkan dari keracunan.

Untuk pakan, daun pace atau sere bisa dicampurkan untuk menambah nafsu makan hewan ternak. Sementara daun atau bunga pepaya bisa ditambahkan untuk membunuh cacing yang mengganggu.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam beternak bebek dan itik. Semoga bisa membantu usaha ternak yang sedang atau baru mulai dibangun.

Artikel ini membahas:

  • ramuan agar bebek cepat bertelur
  • obat perangsang bebek cepat bertelur
  • agar bebek cepat bertelur
  • makanan yang membuat bebek cepat bertelur
  • cara agar bebek cepat bertelur
  • cara bebek cepat bertelur
  • cara membuat bebek cepat bertelur
  • apa makanan untuk bebek cepat telur
  • makanan bebek agar cepat bertelur
  • bebek cepat bertelur
  • pakan bebek cepat bertelur
  • obat perangsang telur bebek tradisional
  • bebek agar cepat bertelur
  • download cara bebek cepat bertelur
  • cara merawat bebek agar cepat bertelur

Leave a Reply