Cara Ternak Burung Dara / Merpati Untuk Pemula Hingga Menghasilkan

Cara Ternak Burung Dara – Burung ┬ámerpati atau biasa disebut dengan burung dara adalah salah satu jenis burung indah yang sering dipelihara karena kesetiaannya terhadap pasangan. Burung dara tidak pernah meninggalkan pasangannya sehingga sering dijadikan ikon atau lambang sebagai sepasang kekasih yang romantis.

Cara Ternak Burung Dara

Budidaya burung dara adalah salah satu peluang usaha sederhana dan merakyat, kendati demikian hasilnya akan terus meningkat dari tahun ke tahun. Berawal dari hobi memelihara burung yang selanjutnya dijadikan sebagai prospek bisnis sampingan yang menguntungkan. Hal ini terlihat dari maraknya rumah makan dan resto yang menyediakan menu burung merpati. Daging burung dara yang empuk dan lezat tentu siapapun akan menyukainya.

Bagi anda yang tertarik membudidayakan burung merpati ini silahkan simak panduan dan cara ternak burung dara berikut ini.

1# Memilih Indukan yang Bagus

Sebelum memulai usaha ternak burung dara, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih indukan yang bagus, berikut adalah tips nya:

  1. Pililah burung dara yang sehat, cirinya : memiliki bulu yang bagus, pada bagian ujung sayapnya tidak melor turun, apabila di tangkap dengan tangan akan memberikan perlawanan besar.
  2. Usahakan tidak membeli burung dara yang sudah tua, baik yang sekedar membeli untuk disembelih maupun untuk diternakan. Ciri burung dara yang tua yaitu : daging di sekitar paruh yang kelihatan tebal, pada bagian lubang hidungnya juga terlihat ada kerutan daging tebal, apabila di cermati paruhnya sudah tidak kilat.
  3. Apabila anda membeli burung dalam satu sangkar maka perhatikan dahulu dari jauh, cermati perilaku si burung dara dari kejauhan, yang harus anda perhatikan adalah burung yang menjadi raja didalam sangkar, atau yang memiliki sifat paling domininan.
  4. Pelajari ciri-ciri perbedaan induk betina dan induk jantan, induk jantan biasanya memiliki paruh yang lebih tebal, kepala yang lebih panjang membesar, leher juga lebih besar dan bulu disekitar lebih mengkilap. Apabila didekatkan dengan burung lain dia akan membekur (berkutut).
  5. Jenis burung merpati yang cocok untuk dijadikan benih adalah yang berjenis king, hamer king, giant home, carneau, dan mondaine.

2# Mempersiapkan Kandang

Cara ternak burung dara dapat dilakukan dengan 2 metode yaitu:

1. Sistem Kurung

Sistem kurung yaitu budidaya burung merpati yang tidak pernah dilepas atau keluar dari sangkar nya. Metode ini tidak begitu maksimal bila dipilih untuk beternak burung dara, karena burung dara adalah jenis burung yang suka keluar bersosialisasi melalui terbang dan mondar-mandir.

Kandang Burung Dara

Apabila anda memilih metode ini maka usahakan sangkar nya di perbesar dengan membuat dua bagian. Satu bagian berupa ruangan terbuka untuk menghirup udara serta sinar matahari yang dibatasi dengan kawat dan satu bagian lagi berupa ruangan tertutup untuk istirahat dan bertelur, mengeram, serta merawat anakan.

2. Sistem Lepas Kandang

Pada sistem lepas kandang yaitu burung akan dilepas dan dibiarkan terbang bebas. Hal terpenting yang dilakukan adalah melatih burung agar pulang kesangkar/ kandang sendiri. Cara nya adalah dengan mengurung dan memberi makan burung dalam beberapa hari, kemudian sayap burung di beri salasiban/lem isolasi.

Perhatikan gerak gerik burung pada malam hari, jika sudah tahu jalan pulang sendiri ke kandang nya berarti ada peningkatan. Maka barulah burung dilepas dalam keadaan sayap terbebas dari lem (usahakan jangan merusak bulu sayapnya saat memasang lem maupun membuka lem). Biarkan burung keluar sendiri dari sangkar untuk pertama kali. Tips paling aman melepas burung adalah saat burung sudah mulai bertelur dan mengerami telurnya.

Kandang burung merpati dapat dibuat dari bambu dan kayu. Biasanya para peternak meletakannya disamping rumah atau diatas dak beton. kandang dapat dibuat tinggi dan menempel pada tembok bagian luar rumah.

3# Merawat dan Memberi Pakan Burung Merpati

Merawat burung merpati adalah hal yang sangat penting, karena akan menentukan kesehatan dan perkembangan burung ini. Cara merawatnya adalah dengan memperhatikan kebersihan kandang, memelihara kebersihan burung itu sendiri, memperhatikan minuman dan makanannya.

Burung dara dapat diberikan pakan jagung madura. Sepintas jagung ini mirip dengan jagung biasa tetapi ukurannya lebih kecil sesuai dengan ukuran mulut burung dara. Setidaknya burung dewasa perlu pakan 37 gram per ekor, remaja 25 gram dan anakan 5-10 gram per ekor.

Para peternak juga sering menggunakan bahan tradisional untuk menjaga vitalitas merpati. Contohnya, kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan menambah nafsu makan. Rimpang kunyit dipotong kecil lalu disangrai dan dilolohkan. Agar lebih bagus, campurkan dengan telur dan madu. Bisanya merpati jantan lebih di perhatikan daripada merpati betina. Namun sebenarnya keduanya butuh makanan dan asupan vitamin yang sama agar sama-sama sehat.

4# Menjodohkan Burung Merpati

Dalam budidaya burung dara, proses yang terpenting adalah menjodohkan/ proses kawin. Proses ini dapat dilakukan dengan memasukkan burung dara betina dan jantan dalam satu kandang yang sama. Pada malam hari lebih bagus kandang di tutup gupon.

Pagi hari nya burung dimandikan, lalu jemur di sinar matahari. Setelah kering masukkan burung dalam kandang lagi dan beri makan. Lakukan cara ini selama kurang lebih 3 hari atau hingga terjadi chemistry diantara kedua burung itu. Setelah bertelur burung jantan bisa di lepas dan akan mencari betina nya sendiri.

Proses menjodohkan burung ini juga dapat dilakukan dengan cara lain, yaitu setelah menempatkan kedua burung merpati jantan dan betina dalam satu kandang. Saat mereka terbang lalu akan kembali ke sarang yang sama, maka kedua burung dara itu sedang berjodoh. Dengan begitu, maka akan sangat mudah bagi mereka untuk berkembangbiak.

5# Proses Mengeram dan Menetas

Seekor burung dara betina biasanya dapat menghasilkan dua butir telur. Biarkan telur tetap di dalam sarang. Sehingga induk burung bisa mengerami telurnya hingga menetas setelah 19 sampai 22 hari. Agar telur menetas sempurna harus dibuatkan sarang yang terbuat dari jerami. Lalu sarang itu dimasukkan dalam kandang bambu.

Anakan burung merpati

Anakan burung merpati yang sudah menetas akan sangat baik untuk diberikan makanan ekstra dan vitamin agar tumbuh sehat hingga besar. Anakan merpati dapat diberikan pakan jagung, kacang hijau dan beras merah.

6# Cara memberi pakan anakan merpati

Pakan yang sering diberikan untuk anak merpati adalah jagung, selain mudah didapatkan dipasaran juga murah harganya. Pemberian pakan dapat dilakukan 2 kali sehari atau 1 kali sehari. Waktu yang tepat untuk pemberian pakan 2 kali sehari yaitu pada jam 7 pagi dan 4 sore. Jika hanya ingin memberikan pakan 1 kali dalam sehari, maka anda cukup memberikannya pada sore hari.

Pakan untuk anak merpati yang diberikan hanya 1 jenis saja pada satu waktu, kalau 2 atau 3 jenis biasanya burung tersebut akan mengacak-acak makanan, sesuai dengan keinginan yang dia mau. Buat tempat pakan yang cukup lebar agar burung tidak saling berebut. Kecuali jika merpati terpisah pada lain-lain kandan, sediakan juga Air minum didalam kandang.

7# Memasarkan Burung Merpati

Setelah burung merpati besar dan sudah siap dipanen maka akan sangat baik menjualnya dipasar hewan. Biasanya kriteria burung dara yang laku terjual sedikit rumit untuk burung dara pacuan. Karena pembeli akan sangat teliti membeli burung yang bagus.

Namun, jika hasil ternak burung dara anda cukup banyak dan telah mencapai siap konsumsi maka ada baiknya untuk menawarkan kerja sama dengan rumah makan atau resto siap saji yang menyajikan menu masakan burung dara di kota Anda. Dengan cara ini prospek bisnis anda akan semakin maju dan berkembang.

Artikel ini membahas:

  • cara ternak burung dara
  • ternak burung dara
  • ternak merpati
  • cara membuat kandang merpati dari bambu
  • cara ternak merpati
  • cara ternak merpati di kandang
  • cara ternak burung merpati
  • ternak burung merpati
  • cara beternak merpati
  • ternak dara
  • kandang merpati ternak
  • cara budidaya burung dara
  • cara membuat kandang burung dara
  • budidaya burung dara
  • kandang merpati

Leave a Reply