10 Peluang Usaha di Bidang Pertanian yang Prospektif

Desausaha.com – Peluang usaha akan terus-menerus hadir di zaman modern ini apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi yang canggih. Nah kali ini kita akan membahas mengenai peluang usaha di bidang pertanian.

Peluang Usaha di Bidang Pertanian

Seiring berjalannya waktu, kadang kita menjadi lalai dan melupakan kehadiran prospek luar biasa besar mengenai bisnis pertanian. Padahal hasil dari pertanian adalah kebutuhan primer yang pasti akan dikonsumsi oleh masyarakat.

Sebagai negara agraris, potensi bisnis pertanian masih terbuka sangat lebar bagi mereka yang mampu berpikir kreatif.

Memulai sebuah usaha pertanian juga banyak pilihan, mulai dari yang bermodal kecil, sedang, hingga besar,  semuanya bergantung pada keinginan Anda.

10 Peluang Usaha di Bidang Pertanian yang Menjanjikan

1. Menaman Sayuran Organik

Dewasa ini, masyarakat lebih kritis dengan apa yang mereka konsumsi termasuk sayuran. Orang cenderung memilih gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran organik. Nah di sinilah peluang usaha Anda.

Anda mau mendapatkan untuk seberapa banyak ya semua tergantung pada keputusan Anda. Asalkan Anda tekun, pasti bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

2. Menjual Alat dan Mesin Pertanian

Jika Anda berpikir usaha ini memerlukan modal yang besar, Anda SALAH BESAR! Anda bisa menjalankan usaha ini hanya dengan bermodalkan alat komunikasi dan alat pembayaran, biasanya visa.

Caranya mudah, jadilah reseller produk pertanian.

Pertama, tentukan dulu alat yang ingin Anda jual, kemudian carilah toko offline maupun online yang menjual produk pertanian dan ajak mereka bekerjasama.

Kelihatannya memang sepele, tapi menjadi reseller dapat mendatangkan keuntungan yang besar, lho.

3. Menjual Bibit / Benih

Bisinis ini memang sedikit lebih rumit, namun jika Anda sudah ahli dalam metode pembibitan, Anda akan mampu bersaing di perusahaan-perusahaan besar lainnya asal Anda tetap tekun dan fokus menjalani usaha ini. Karena bagaimanapun juga seluruh petani dan perusahaan pertanian membutuhkan bibit untuk lahan mereka. Ini yang menjadikan prospek Anda sangat luas.

Buatlah bibit yang berkualitas baik dan gunakan cara pemasaran yang unik dan mudah dikenal orang agar produk Anda dapat dengan cepat terkenal di pasaran.

4. Membuka Toko Online Pertanian

Di era teknologi yang serba canggih saat ini peluang usaha di bidang pertanian juga semakin mudah dan cepat. Anda dapat membuka toko online menjual produk-produk pertanian, terutama dalam hal peralatan, perlengkapan, pupuk nutrisi dan benih tanaman hidroponik yang kian dicari masyarakat.

Toko online pertanian memiliki pangsa pasar yang luas, selain itu Anda juga tidak memerlukan modal usaha yang besar layaknya membuka toko atau menyewa ruko biasa. Namun yang lebih menjadi perhatian anda adalah mendapatkan banyak pengunjung melalui promosi atau iklan.

5. Menjual Pupuk

Jenis usaha ini akan laku keras jika di daerah Anda adalah daerah perkebunan. Karena yang namanya perkebunan, tidak mungkin kalau hanya membeli pupuk 1 kg saja, minimal 1 ton.

Tapi jika Anda berada di pemukiman daerah kota, tak ada salahnya menjual pupuk untuk tanaman hias. Jangan salah, meski hanya 1-5 kg saja, tapi harga per kilonya lumayan mahal.

Selain menjual pupuk, Anda juga dapat menjual perlengkapan pertanian seperti semprotan, alat penyiram, sekop, dll.

Bisnis pupuk adalah bisnis yang menguntungkan, apalagi jika Anda mampu menghasilkan pupuk sendiri. Ini karena para petani Indonesia akan terus menggunakan pupuk sebagai vitamin tanaman mereka.

6. Budidaya Tanaman Hias

Meski beberapa tahun terakhir ini harga tanaman hias mulai menurun, namun di masa depan orang pasti akan membutuhkan tanaman hias sebagai pelengkap hunian mereka.

Lagipula proses pembuatan tanaman hias bisa diselingi dengan pekerjaan lain. Yang Anda perlukan hanyalah menggarap tanaman hias dalam jumlah yang cukup banyak dan teliti agar terasa hasil pendapatannya.

7. Mengelola Satu Produk Pangan

Bagi Anda yang baru memulai usaha pertanian di bidang pangan, cobalah untuk fokus membuat satu produk dulu hingga Anda mempunyai brand yang dapat dikenal masyarakat, sehingga nantinya bukan Anda yang mencari pasar, namun pasar yang mencari Anda.

Bisnis ini memang membutuhkan waktu yang lumayan panjang karena membangun sebuah brand tidaklah semudah membalikkan telapak tangan.

8. Penanaman Rempah Rempah

Rempah-rempah masih menjadi peluang usaha yang cukup bagus karena rempah-rempah Indonesia masih banyak diminati oleh negara lain. Jadi Anda mempunyai prospek yang cukup besar di sini.

Bisnis rempah-rempah juga akan menjadi usaha menguntungkan bagi Anda karena pada hakikatnya semua kalangan membutuhkan rempah-rempah, mulai dari kecil, menengah, hingga kalangan atas seperti restoran mahal.

9. Menyediakan Jasa Perantara Ekspor

Belum banyak orang yang mampu menjadi jasa perantara eksportir bidang pertanian, sehingga ini bisa jadi peluang Anda untuk memulai bisnis. Yang Anda butuhkan adalah kemampuan komunikasi dan jiwa pemimpin yang baik. Dalam hal ini Anda bisa mulai belajar ekspor dan impor dari komunitas importir di Internet.

10. Membuat TIM Konsultan Untuk Para Petani

Minimnya perusahaan yang bergerak di bidang penyuluhan pertanian akan menjadi peluang yang menguntungkan jika Anda mampu membuat tim penyuluhan pertanian. Pasalnya di Indonesia masih dibutuhkan orang yang dapat memberikan penyuluhan kepada petani agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berkuantitas baik.

Selain Anda akan dibayar sebagai tim penyuluh, Anda juga bisa memasukkan barang dagangan Anda mulai dari pin satu hingga 8 di atas. Jadi keuntungannya bisa dobel.

Untuk para sarjana pertanian, jangan hanya mau bekerja di perusahaan atau departemen saja, seharusnya ilmu yang Anda dapatkan bisa dijadikan ide peluang bisnis sebagai tim penyuluh yang profesional.

Dan bagi Anda yang bukan sarjana namun ingin menggeluti bisnis ini, Anda hanya perlu pengalaman dan komunikasi yang lancar.

Itulah tadi 10 Peluang Usaha di Bidang Pertanian yang dapat Anda coba. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda. Semoga berhasil.

Artikel ini membahas:

  • usaha pertanian
  • peluang usaha pertanian
  • bisnis pertanian
  • usaha di bidang pertanian
  • contoh usaha pertanian
  • peluang usaha di bidang pertanian
  • contoh peluang usaha di bidang pertanian
  • bidang pertanian
  • bisnis apa saja dibidang pertanian
  • usaha dibidang pertanian
  • cara menanam padi
  • usaha pertanian terbaru
  • peluang wirausaha dalam bidang pertanian dan perkebunan di indonesia
  • pertanian yang menguntungkan
  • peluang usaha dibidang pertanian

Leave a Reply